Saturday, May 06, 2006

glediz
06 May 2006 01:05:12
glediz
Halo Glediz.
Saya telah merubah pic dengan tampilan geo-radar yang saya kutip dari google. Saya maksudkan agar hati saya lebih fokus kepada cita2 dan harapan masadepan bersama. Ibarat kata pepatah, gajah mati meninggalkan gading harimau mati meninggalkan belang fahmi mati meninggalkan geo-radar buat Glediz. Kita saling doa dan upaya ya.

06 May 2006 07:05:40
glediz
Halo Glediz.
Sejujurnya saya merasa rikuh lho atas sebutan kamu kalau pemikiran saya yang kamu bilang inovatif itu. Sesungguhnya dalam bidang elektronika saya bukan inovator. Saya cuma mencoba memberikan nilai tambah atas satu produk atau rancangan yang telah jadi.

Misal 1.
Pada 1983 dengan mengenakan rangkaian sakelar elektronika sangat sederhana saya memberikan nilai tambah pada alat bunyi apapun untuk lucu2an. Misalnya kaset rekorder. Sakelar elektronik disambungkan kepada rangkaian kawat email loop tertutup yang digunakan buat pengamanan barang di RT. Sebelumnya direkam kan pada kaset teriakan2, \" Maling....maling...maling...dst\" Kalau salah satu dari barang yang diamankan digeser, maka kaset rekorder akan berfungsi dan dari speker akan terdengar teriakan.

Misal 2.
Pada 1986, frekuensi radio Kodim Tangerang yang menggunakan VHF 2m sering beroleh gangguan dari tangan jahil yang rajin pijat PTT dari sebuah HT yang dioperasikan dekat pemancar repeater.
Saya kembangkan diagram S-meter dari Icom IC-02N. Saya catat diagramnya dari rangkaian lalu saya duplikasi dan membuat layer PCB nya. Intinya salah satu rangkaian untuk mengeluarkan sinyal negatif dengan cara membalik posisi diode dan elko. Satu nya lagi mengeluarkan sinyal positif seperti yang biasa dibaca oleh S-meter. Keduanya berasal dari 2 HT sejenis yang di tuned agar simetris.
Kedua sinyal keluaran ini digabung lalu diumpankan kepada Zero-center meter 100 uA. Begitu frekuensi 2 HT disamakan dengan frekuensi pengganggu, maka arah posisinya bisa dituntun kan oleh defleksi jarum meter. Alat ini kunamakan Radif dari Radio direction finder, kalau dibawa pada kendaraan maka kemudi kendaraan bisa diarahkan ke posisi pengganggu dengan mengikuti arah defleksi jarum meter terhadap zero-center yang berarti sasaran berada didepan kendaraan. Hebohnya, alat itu lantas diperbanyak untuk dijual kepada para anggota ORARI yang lagi doyan2nya ujicoba keterampilan dalam acara fox-hunting. Lumayan.

Nah Glediz klo yang seperti 2 misal itu, inovasi bukan sih?
Kayaknya aku juga berhak beroleh tutor deh, katakan sebagai \"imbalan\" kesiapanku untuk memberikan perawatan gangguan emosi kamu. Bagaimana? Aku siap kapan saja kamu perlukan.

No comments: