Friday, May 05, 2006



05 May 2006 18:05:18
glediz
Hehehe, kamu mah di msg kok make halo halo. Iya halo juga, disini fahmi. Ini tentu glediez ya. Syukurlah kalau kamu sehat buktinya bisa balas msg. Senangnya hatiku kamu terbiasa berlaku jujur, aku gpp kok kalau belum semua msg kamu baca. Apalagi dari msg ini ternyata angka kegiatan kamu banyak. Iya aku akui msg aku kebanyakan masih berupa prosa belum teknis berupa disain, diagram, montase, material handling, prospek, pangsa pasar, marketing, dll. Sebagai Insinyur kamu tentu terbiasa berpikir metodis. Maafkan aku ya.
Honesty for this field I am a single fighter, but found somebody like Mr. Eman Rais by surfing on situs of ITB as I sent to you then. Jadi praktis saya menghadap kepadamu sendirian. Sebab sejak sedari dulunya juga saya ini sering berlaku sebagai 'One-man manufacture'. Tapi kayaknya hanya cocok buat perencanaan saja. Tentu Glediez hapal yang namanya manufaktur itu melibatkan padat karya dan padat modal. Tinggal bergantung kepada skala nya saja.

Tapi tahun 1996-1997 saya juga pernah mendirikan usaha teknik listrik di Tangerang. Kegiatannya selaku supplier n repairing. Saya bertindak sebagai pemodal dan administrator. Kami bangkrut karena digilas krismon. Mana semua peralatan dibobol maling, disaat kami (4 orang) tengah ke Karawang buat menjalin kerjasama. Sampai tahun 2000 saya frustasi. Tapi perlahan bangkit melalui kegiatan nyolder lalu ngebrik lagi. Di BPPT dulu saya kenal dengan ibu Rahmawati Roy. Beliau tinggal di bilangan Cawang Atas. Saya lupa bidang kerjanya, mungkin accounting. Barangkali Glediez kenal?

Okay Glediez kita sudahi dulu ya, pas Maghrib nih mana nanti malam saya diundang menghadiri bedah buku di kantor Menteri Hukum dan HAM di Kuningan jam 1900. Klo saya sudah tahu bagaimana menghubungi kamu saya tentu mengundang kamu juga. Semoga akan banyak hikmah manfaat yang bisa kita petik dari kebersamaan ini. Maaf tadinya saya lebih suka kita korespondensi disini aja, tapi klo kamu menghendaki di yahoo juga ok. Email saya ID: f_mylla@yahoo.com Kamu belum jawab kamu Sumateranya mana dan sekarang domisili dimana? Aku juga ingin tahu gambaran dari proyek polusi kamu itu seperti apa. Berikan dengan diagram balok. Lalu sensornya apa? Biar aku juga bisa ikut memperkira, manatahu ada gambaran teknis serupa biar bisa kuhaturkan kepadamu. Jaga sehat buat sukses ya, Wassalam.



---pesan dari user ini / message from this user---

Halo..halo...
sory yah,baru balas nih.jujur aja,aku blom baca semuaaaa penjelasan kamu ttg keinginan dan ketertaikan kamu.aku setuju aja mau bantu dan kerjasama.tapi aku lebih kepada desain daripada alat tsb,ttp sy juga harus tahu dan mempelajari ttg material2 apa saja yg digunakan oleh produk tsb...tp tidak menutup kemungkinan untuk saya pelajari dulu bagian2 yg kamu maksud.aku sgt senang sekali dg bertemu kamu ato kalian,sebenarnya berapa orang sih yg mau kenal aku?? lebih dari satu jg gpp.cuman bingung aja dg ket yg ditulis? terlalu panjang dan membingungkan ?

kalau mo dibahas enaknya khan dikirim k emailku aja.(milanda@yahoo.com )sehingga aku bisa balas pjg lbr.saat ini aku lg ganti nomer hp,tp kapan2 aku akan kasih deh,skg aku lg sibuk jd tutor dan ada kerjaan juga.heheheriz.. aku dulu sempet di BPPT tp skg meski udah gak disana lg,sy ttp belajar dan coba menganalisa hal2 yg sy suka.saya juga sebenarnya sudah membuat bbp produk industri yg miskin dana,hehehe...maunya sih coba ditawrkan ke pemerintah.melihat kenyaataan yg imposiblle skg proyek sy ngambang..

saya justru memang mencari bbp teman2 yg mau dan tertarik bekerjasama dibid produk manufaktur.profesi saya sbg desainer produk industri manufaktur,tp tidak menutup kemungkinan,untuk mendesain produk RT ato produk inovatif yg kamu tawarkan :) tp biasanya,produk yg saya desain hampir semuanya menggunakan tenaga energi alternatif...msh dlm analisa.

Ok deh,segitu ajah...
Thanks

---pesan dari user ini / message from this user---

Assalamualaikum Glediez.
Apa khabar? Semoga sehat ya.
Saya kuatir aja kok gak ada khabar lanjutan.
Maaf klo saya tampak senang jumpa kamu.
Habis mau gimana lagi, masa kudu kusembunyikan?
Gak apa klo gak berkenan akan pikiran2 teknisku yang ngawur itu.
Namanya juga yang tetap ingin belajar memahami kehendak hatimu.
Percayalah saya akan menerima Glediez apa adanya. Untuk saling menimbulkan hasrat dan mewujudkan cita2 punya sesuatu dimasa depan. Terbukti bersamamu saya mau kembali meneliti apa2 yang pernah saya tinggalkan lebih dari setahun. Geo-radar alternatif.
Wassalam, bolehkan saya tahu notel/nohape Glediez?



04 May 2006 23:05:02
glediz
Sinopsis ini lebih memberikan gambaran pengharapan bagi saya. Tinggal lagi dilakukan teliti pustaka, karena pokok pikiran ini harus dijabarkan kedalam logika elektronik. Minat bantu saya?

Undergraduate Theses from JBPTITBFI / 2005-03-01 14:11:45

PENGGUNAAN ANTARMUKA PARALEL PORT STANDAR IEEE-1284 PADA DIGITALISASI DATA SEISMIK

By: Wahvu Tri Adiyasa
Departemen Fisika - ITB
: Jl. Ganesa 10, Bandung
Created: 2005-03-01 , with 1 file(s).

Keywords: data seismik; IEEE 1284; paralel port

Pengambilan data secara digital merupakan teknologi yang saat ini banyak digunakan. Karena data digital sangat mudah dan tidak bergantung kepada gangguan lingkungan atau noise. Seiring dengan meningkatnya kemudahan dan kebutuhan manusia maka diciptakanlah teknologi Personal Computer (PC), PC merupakan salah satu alat yang sudah digunakan secara luas dalam pengambilan data serta pengolahan data. Untuk akan dilakukan digitalisasi alat seismik yang digunakan oleh laboratorium Fisika Bumi yang dahulunya menggunakan sistem analog. Jenis seismik yang dugunakan adalah TR-4 yang diproduksi oleh OYO Jepang. Jenis seismik ini digunakan pada metoda seismik refraksi serta refleksi.
Pada saat pengambilan data seismik, jumlah titik yang akan digunakan sangat mempengaruhi ketepatan penentuan lapisan yang ingin kita teliti. Semakin banyak titik yang akan diambil semakin akurat dalam penentuan lapisan bumi yang kita ingin ketahui karakteristiknya. Dalam hal ini seismik yang digunakan menggunakan 24 titik secara serentak diketahui travel time(waktu tempuh) gelombang dari sumber sampai ke geophone.Untuk itu penulis mencoba untuk merancang suatu alat agar seluruh saluran (channel) pada alat seismik\'tersebut dapat didigitalisasi serta diolah menggunakan PC. Namun dalam hal ini akan dicoba menggunakan 12 channel saja.
Sedangkan antarmuka yang digunakan antara periferal yang digunakan pada seismik dengan PC adalah paralel port dengan standar terbaru yaitu IEEE 1284. Standar ini dibuat pada tahun 1994 yang dipelopori oleh suatu asosiasi yaitu NPA(Network Printing Alliance). Pada generasi sebelumnya antarmuka paralel port hanya digunakan oleh printer saja karena terbatas pada arah komunikasi yang hanya satu arah saja(output). Kemudian dengan dikembangkannya suatu protokol baru maka penggunaannya sangat fleksibel sehingga dimungkinkan komunikasi dua arah (Bi-directional) secara bergantian (half-duplex).
Standar IEEE 1284 telah banyak dipakai pada jenis PC mulai generasi 80486 produksi Intel sampai generasi prosesor jenis Pentium, jenis prosesor ini sudah banyak digunakan.Chipset yang digunakan pada standar ini pertama kali diperkenalkan oleh Intel yaitu jenis 82360 super I/O. Dinamakan super I/O karena standar ini memiliki kecepatan transfer data cukup tinggi yaitu antara 500Kbyte per second sampai 2Mbyte per second. Dalam hal ini setara dengan kecepatan transfer pada slot I/O ISA. Kemudian dilengkapi pula dengan fasilitas jabat tangan (handshaking) dalam pengirimana data anatara periferal dan host sehingga kemungkinan kesalahan transfer data cukup kecil.




04 May 2006 22:05:02
glediz
PEMBUATAN PROTOTIPE SENSOR BERAT MENGGUNAKAN ELEMEN KOIL DATAR

By: BAMBANG SINDHU ASMORO
Departemen Fisika - ITB
: Jl. Ganesa 10, Bandung
Created: 2005-02-22 , with 1 file(s).

Keywords: resistansi; sensor; osilator

Pengukuran besaran gaya berat sangat penting dalam berbagai penerapan, diantaranya digunakan dalam bidang automotif, kedokteran, dan dalam bidang industri, seperti industri kimia dan farmasi. Berbagai bentuk dan model sensor telah dikembangkan untuk mengindera gaya berat. Variasi metode penginderaan berdasarkan perubahan resistansi, kapasitansi atau induktansi serta beberapa prinsip lainnya juga telah digunakan untuk mengukur gaya berat tersebut.
Pada tugas akhir ini dilakukan pembuatan prototipe sensor berat dengan memanfaatkan sifat induktif dari elemen koil datar. Induktansi elemen koil datar yang dialiri sumber arus bolak-balik akan berubah jika suatu objek konduktif atau bahan pengganggu diletakkan di dalam daerah medan magnetiknya. Hal ini disebabkan karena pada objek konduktif terjadi efek arus pusar ( eddy current) yang menghasilkan medan magnetik dan sating berinterferensi dengan induktivitas diri dari elemen koil datar. Perubahan induktivitas inilah yang dimanfaatkan sebagai resonator untuk rangkaian osilator LC. Perubahan frekuensi dari osilator diukur sebagai perubahan parameter fisis yang diukur.



04 May 2006 22:05:59
glediz
Undergraduate Theses from JBPTITBFI / 2005-02-22 10:12:38

PENGUKURAN KUAT MEDAN MAGNET DENGAN MAGNETOMETER STATIS

By: JOHN ADLER
Departemen Fisika - ITB
: Jl. Ganesa 10, Bandung
Created: 2005-02-22 , with 1 file(s).

Keywords: magnetometer; galvanometer; solenoida

Saat ini pengukuran kuat medan magnet dapat dilakukan dengan berbagai cara : mengukur gaya pada cuplikan atau sampel bahan magnet (dengan alat neraca magnetik dan neraca cincin untuk bahan magnet yang lemah serta dengan alat bandul magnetik horisontal dan alat bandul magnetik vertikal untuk bahan ferromagnet), mengukur voltase atau arus imbas yang disebabkan pengimbasan elektromagnet (dengan alat galvanometer balistik) dan mengukur kuat medan magnet yang ditimbulkan oleh sampel (dengan alat magnetometer statis).
Karena lebih memungkinkan untuk memperoleh kuat medan magnet pada alat yang terkalibrasi dengan baik yaitu cara yang ketiga daripada dengan cara yang pertama dan kedua. Maka dirancanglah suatu alat magnetometer statis yang cukup sederhana dengan menggunakan dua sampel.
Pengukuran kuat medan magnet dilakukan dengan menggunakan kumparan solenoida yang dialiri arus sebagai sampel kedua dan dikalibrasi dengan sampel pertama yaitu pasir yang dimagnetisasi. Pengamatan dilakukan untuk beberapa jarak antara sampel dan sistem magnet pada magnetometer astatis. Dan akan diukur defleksi atau simpangan yang terjadi dari sinar LASER yang diarahkan ke cermin kecil magnetometer statis sebelum dan sesudah sampel dipasang. Dari data sampel kedua dapat dibuat grafik defleksi terhadap kuat arus atau terhadap kuat medan magnet. Gradien data dari sampel kedua kemudian dikalibrasi dengan da ta yang da sampel pertama, sehingga diperoleh harga kuat medan magnet untuk\'.\'beberapa: garis jarak antara sampel dengan sistem magnet.



04 May 2006 22:05:27
glediz
Assalamualaikum Glediez.
Wow ternyata ada juga sosok yang senada dengan kita.
Terserah Glediez apakah sosok ini untuk kita ajak diskusi.
Mungkin bertiga akan jauh lebih rame daripada kita berdua.
Wassalam, tapi Glediez jaga sehat ya dan kabari saya lho.

> Login

Address: /Top / Discussion / jbptitbfi-gdl-s1-2005-aloysiusha-394@1146480300


Search

Indonesia English

Menu
Home
FAQ
Login
Registration
Activate Account

Contents
1 - 1 of 1
Up..
Geo-radar.. (disc)
1 - 1 of 1

Discussion from JBPTITBFI / 2006-05-01 17:45:00

Geo-radar.

By: Eman Rais
Email: emanrais@yahoo.com
Partisan.
Created: 2006-05-01

Saya penggemar elektronik amatir dan radio komunikasi, pernah menjadi anggota RAPI JZ10TBS.
Mengamati dugaan perapuhan kulit bumi akibat dari pengeboran untuk mencari sumber air tanah secara serampangan oleh sebagaian besar masyarakat awam.
Pernah terpikir untuk mencari alat yang bisa mendeteksi lokasi air tanah seperti yang dilakukan dalam teknologi pertambangan. Dalam satu kunjungan ke Bandung di akhir Feb 2005 saya sempat bincang dengan Ine, MT. Dari membaca disertasi S2 Geologi ITB itu saya tahu bahwa alat dimaksud disebut geo-listrik dan geo-radar yang digunakan untuk keperluan eksplorasi pertambangan mineral.
Kemudian perhatian saya fokuskan kepada geo-radar yang menggunakan prinsip deteksi gelombang elektromagnetik. Untuk elemen RF saya bermaksud memanfaatkan radio CB pada spektrum HF agar bisa melakukan penetrasi pada kedalaman lebih dari 1000 meter kedalam bumi. Kesulitan timbul disaat saya coba merancang sensor elektromagnetik menggunakan kumparan dengan air-core sampai ferrite-core dengan bersandar kepada teori2 pada ARRL 1994.
Rencananya saya akan menggunakan tampilan komputer bahkan kalau bisa cukup dengan layar LCD saja.
Namun karena keterbatasan literatur yang bisa dicari, makanya proyek geo-radar alternatif saya tersebut masih belum berhasil.
Adakah saran bagi saya untuk mungkin mewujudkan impian saya tersebut dan literatur apa yang harus saya pahami. Keberhasilan geo-radar alternatif bisa menuntun masyarakat untuk ikut lebih mencintai bumi dan lingkungan hidup.

No comments: